Pipa Las TIG dan Cara Berjalan di Piala 101

Berjalan di cangkir adalah cara yang sederhana, tetapi sangat efektif untuk mengelas TIG. Ini menghasilkan lasan yang sangat konsisten dengan penampilan yang sangat seragam. Alasan di balik ini sederhana. Panjang busur dan pola yang digunakan hampir selalu sama. Berjalan cangkir menghilangkan sebagian jabat tangan dan goyah karena cangkir obor TIG selalu bersandar pada logam.

Untuk memulai, Anda perlu memahami apa jenis peralatan yang digunakan untuk mengelas pipa TIG di lapangan dan bagaimana hal itu mempengaruhi teknik pengelasan. Pipa las TIG di lapangan sebagian besar dilakukan dengan obor berpendingin udara, tidak ada frekuensi tinggi dimulai, dan tidak ada pedal atau kontrol kaki untuk mengatur panas! Untuk memulai lengkungan, Anda dapat memulai Tungsten dengan cepat, atau dengan cepat jepretkan batang pengisi Anda di antara Tungsten dan pipa untuk mendapatkan busurnya (seperti menyerang korek). Yang kedua adalah mengendalikan panas Anda. Setelah pipa memanas dan genangan menjadi cair, Anda hanya mulai bergerak lebih cepat untuk mengikuti genangan air. Itu saja! Tidak ada peralatan mewah atau mahal, dan dalam banyak kasus power supply TIG hanya tukang las Stick dengan obor TIG ditambahkan ke sana!

Ada dua cara untuk berjalan di cangkir. Yang pertama adalah bergoyang-goyang sisi cangkir ke sisi seperti laras berat yang bergoyang-goyang di lantai. Cara kedua adalah melakukan ratchet pegangan obor TIG seperti Anda sedang mengencangkan sebuah baut. Hasil akhir antara keduanya hampir sama. Pola las yang sangat seragam dan konsisten!

Goyang cangkir sedikit lebih mudah kemudian ratcheting itu! Goyang cangkir hanya bersandar cangkir obor TIG pada pipa dan menyerang busur. Setelah itu goyangkan saja sisi cangkir ke samping seperti tong dan terus bergerak maju dengan itu. Ketika datang untuk menambahkan kawat pengisi kebanyakan orang (termasuk saya) hanya meletakkan batang pengisi di depan Tungsten dan berjalan di atasnya.

Ganti cangkir sedikit lebih sulit dilakukan tetapi menghasilkan lasan yang lebih baik. Ini karena panjang busur lebih konsisten. Ganti cangkir dilakukan seperti menggoyang-goyangkan cangkir tetapi pada saat yang sama membutuhkan lebih banyak keterampilan. Begitu busur dimulai, mulailah memutar obor ke depan dan belakang seperti kencangkan baut. Trik untuk mendapatkan cangkir untuk bergerak maju adalah memiliki kedutan sedikit pergelangan tangan saat membalikkan gerakan. Anda perlu membangun ritme yang memiliki sentakan pergelangan tangan yang konsisten di akhir setiap giliran. Itu semua yang ada untuk berjalan di piala selain itu membutuhkan banyak latihan untuk belajar.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *