Maelzel, The Metronome Guy – Penemu Besar Atau Artis Hebat!

Johann Nepomuk Mälzel (15 Agustus 1772 – 21 Juli 1838) sedikit penipu! The Mälzel Metronome, instrumen mekanis atau elektrik yang membuat bunyi klik berulang pada kecepatan yang dapat disesuaikan, digunakan untuk menandai irama, terutama dalam berlatih musik oleh pianis dan musisi di mana-mana, dipatenkan pada tahun 1815. Namun, Mälzel benar-benar mencuri ide-ide konstruksi dari Dietrich Nikolaus Winkel (1780-1826), pencipta sebenarnya dari metronom pertama pada tahun 1813!

Winkel lahir di Amsterdam dan menciptakan metronom sambil bereksperimen dengan pendulum. Dia menemukan bahwa pendulum yang ditimbang di kedua sisi pivot bisa mengalahkan waktu stabil, bahkan untuk tempo paling lambat yang paling sering digunakan dalam musik klasik Eropa pada waktu itu. Winkel, gagal melindungi idenya dan dua tahun kemudian, Mälzel mencuri idenya, melewatinya sebagai miliknya dan mematenkannya! Ini bukan satu-satunya tindakan curang Mälzel! Pada tahun 1813, Mälzel berteman dengan Ludwig van Beethoven ketika dia membangun beberapa sangkakala telinga untuk komposer besar untuk membantunya dengan pendengarannya. Mälzel meminta Beethoven untuk menyusun karya yang dirancang untuk penemuannya, panharmonikon (otomat yang mampu memainkan alat musik dari sebuah band militer, didukung oleh bellow dan disutradarai oleh silinder berputar yang menyimpan catatan.) Ketika kompositon terungkap, Mälzel mengklaim kepemilikan. dari potongan dan dengan demikian perseteruan pahit mulai menghasilkan Beethoven menggugat Mälzel atas insiden itu! Membayangkan! Mencuri komposisi oleh Beethoven! Mälzel benar-benar tidak keberatan!

Wolfgang von Kempelen telah membangun mesin catur pada 1769. Terdiri dari meja catur dan boneka seukuran mekanik yang berpakaian seperti seorang Turki (yang memberi nama mesinnya) duduk di belakang meja. Boneka itu secara mekanis memindahkan bidak catur. Di bawah meja, mekanisme yang rumit ditunjukkan kepada publik; di balik mekanisme itu, seorang pemain catur kecil disembunyikan. Kempelen telah melakukan tur dengan mesin ini yang menarik orang-orang di seluruh Eropa selama bertahun-tahun. Setelah Kempelen meninggal pada 1804, Mälzel membeli "mesin" dari putra Kempelen. Mälzel melanjutkan tur dengan "penemuan" yang luar biasa ini dengan mengadakan pameran di Eropa dan Amerika Serikat.

Banyak penulis di Eropa dan Amerika Serikat, termasuk Edgar Allen Poe, mencurigai seorang pemain manusia yang tersembunyi, sementara yang lain berfilsafat tentang implikasi besar dari mekanisasi kecerdasan ini. Mesin bermain catur ditemukan menjadi palsu saat tur di Baltimore, ketika dua pemuda menemukan seorang pria melangkah keluar dari kompartemen tersembunyi di bawah meja papan catur! Inilah kecerdasan asli di balik orang Turki! "Mesin catur" telah melakukan tur cukup lama dan Mälzel mengantongi cukup banyak uang sebelum dia diekspos. Sementara Mälzel mungkin merupakan karakter yang penuh tipu daya, metronomnya yang dipatenkan, yang sampai hari ini memiliki namanya, tidak tertandingi dalam kualitas dan akurasi. Mereka adalah alat yang tak ternilai bagi guru piano dan pemain sama! Mäelzel Metronomes (ya, di suatu tempat di sepanjang garis pengejaannya berubah) dikenal di seluruh dunia dan bahkan sampai hari ini, Mäelzel sering menerima pujian atas apa yang benar-benar merupakan ciptaan Winkel! Dan irama terus berlanjut.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *